Uncategorized

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Tubuh, Baik Diminum Saat Buka Puasa

Kelapa muda hijau adalah satu di antara cara yang sangat efektif menghilangkan dahaga saat kita sedang kehausan. Apalagi pada momen Ramadhan seperti sekarang, ketika buka puasa.

Selain airnya, kita juga dapat menikmati daging dari kelapa muda hijau. Daging putih dari kelapa hijau muda sangat lembut dan kaya akan serat, sehingga cukup mengenyangkan.

Air kelapa hijau mengandung banyak nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh, satu di antaranya adalah natrium, yang berfungsi dalam mengatur keseimbangan kadar garam dalam tubuh.

Saat bulan Ramadhan datang seperti saat ini, kita akan menemukan banyak penjual kelapa hijau di pinggiran jalan. Kelapa hijau sering dijadikan sebagai hidangan utama saat buka puasa.

Air kelapa hijau dapat menghilangkan dahaga dengan cepat begitu buka puasa, setelah seharian melakukan puasa dan tubuh tidak memiliki asupan cairan.

Selain itu di dalam kelapa hijau mengandung banyak nutrisi dan mineral. Seperti vitamin B, vitamin C, kalsium, magnesium, dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kelapa muda hijau, seperti membantu menurunkan badan dan menghilangkan dehidrasi utamanya sesaat setelah buka puasa.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, lima manfaat air kelapa muda hijau untuk kesehatan tubuh, baik dikonsumsi saat buka puasa.1 dari 7

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, tentu harus menjaga konsumsi makanan, dan mengurangi berbagai makanan yang mengandung gula dan kalori.

Kelapa muda hijau dapat Anda masukan ke daftar menu diet, karena air kelapa muda hijau mengandung sedikit lemak, gula, dan kalori yang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan.2 dari 7

Menghilangkan Dehidrasi

Saat Anda tidak mendapatkan cairan dengan cukup di dalam tubuh, khususnya saat bulan puasa, tubuh akan mengalami dehidrasi yang terkadang membuat badan lemas.

Air kelapa hijau mengandung banyak elektrolit, yang dapat menggantikan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian melakukan aktivitas, sehingga dapat menghilangkan dehidrasi yang Anda alami. Jadi, setelah buka puasa, tubuh dipastikan makin segar.3 dari 7

Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Ada beberapa penelitian yang dilakukan dan menunjukan bahwa air kelapa hijau dapat membantu dalam menurunkan kadar gula di dalam darah dan membantu menurunkan risiko terkena diabetes.

Selain itu air kelapa hijau mengandung pemanis alami, sehingga menikmatinya tidak perlu dengan tambahan gula. Air kelapa hijau mengandung magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah dapat dikontrol. Jadi, kelapa hijau bisa juga menjadi pilihan buat Anda yang terkena diabetes saat buka puasa.4 dari 7

Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah satu di antara organ vital yang perlu kita jaga kesehatannya. Cairan dalam tubuh yang selalu terpenuhi adalah satu di antara cara yang dapat menghindarkan munculnya batu ginjal.

Dengan meminum air kelapa muda hijau, cairan yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi. Selain itu kelapa hijau mengandung banyak nutrisi yang dapat menjaga organ tubuh secara keseluruhan termasuk ginjal. Jadi, dengan buka puasa minum kepala hijau, kesehatan ginjal Anda bisa terjaga.5 dari 7

Menghilangkan Racun

Sering kali orang yang mengalami keracunan makanan atau meminum sesuatu yang basi, mencari air kelapa muda hijau untuk menghilangkan racun tersebut.

Air kelapa muda hijau mengandung zat antiracun, berbagai elektrolit, dan antioksidan yang cukup efektif dalam membantu menghilangkan atau menetralisasi racun yang ada di dalam tubuh.6 dari 7

Menambah Energi Tubuh

Banyak orang yang sedang melakukan aktivitas yang memerlukan tenaga ekstra seperti berolahraga, meminum minuman berenergi untuk menambah energi tubuh. Namun, minuman berenergi yang diminum terus-menerus akan membahayakan bagi tubuh.

Untuk menggantinya, Anda bisa meminum air kelapa hijau sebagai minuman penambah energi. Anda dapat menambahkan madu agar khasiatnya bertambah dan menambah rasa. Jadi, jangan ragu untuk menyiapkan kelapa hijau untuk buka puasa hari ini.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Hendry Wibowo/Dipublikasi: 25 April 2020