Cerita Masa Lalu Pemain Bola.

David Villa 2005/06: Saat El Guaje Membuktikan Kehebatannya di Valencia.

SabunBola.Com – David Villa adalah salah satu striker terbaik di generasinya. Mantan pemain Spanyol itu pernah memperkuat beberapa klub top di La Liga. Termasuk di antaranya adalah Valencia.

Villa memperkuat Valencia periode 2005-2010. Total 129 gol dicetak pemilik nama julukan El Guaje (The Kid) itu dalam 225 penampilan bersama Valencia.

Musim 2005/06 adalah musim pertama Villa berseragam Valencia, setelah ditransfer dari Real Zaragoza. Musim itu, Villa bermain bersama sejumlah pemain top di Valencia, seperti Miguel Angel Angulo, David Albelda, Ruben Baraja, hingga Pablo Aimar.

Musim itu, dia langsung menunjukkan kehebatannya dan membuktikan bahwa Valencia tidak salah sudah merekrutnya.

Dari Zaragoza ke Valencia

Villa dua musim memperkuat Zaragoza, mencetak 39 gol dalam 94 penampilan. Musim panas 2005, Zaragoza yang tengah kesulitan keuangan memutuskan untuk menjual Villa.

Valencia waktu itu memiliki pelatih baru. Quique Sanchez Flores ditunjuk menggantikan Claudio Ranieri.

Valencia butuh suntikan kualitas di lini serang. Mereka lalu merekrut Villa dengan nilai transfer €12 juta.

Villa pun hijrah dari Zaragoza ke Valencia.

Dampak Instan

Di pekan pembuka La Liga musim 2005/06, Valencia menjamu Real Betis. Laga itu berkesudahan imbang 2-2, dan Villa tak mencetak gol.

Namun, Villa menunjukkan ketajamannya mulai pekan kedua. Saat itu, Valencia bertandang ke markas Zaragoza, mantan klub Villa.

Villa masuk menggantikan Ruben Baraja di menit 81, ketika Valencia dalam kondisi tertinggal 1-2. Hanya satu menit berselang, Villa membobol gawang mantan klubnya dan membawa Valencia meraih hasil imbang 2-2.

Gol Enam Laga Beruntun

Villa kemudian selalu mencetak gol dalam lima penampilan berikutnya. Dia pun tercatat mencetak gol dalam enam penampilan beruntun di La Liga dari pekan ke-2 hingga pekan ke-8 (absen pekan 7 vs Malaga).

Villa mencetak satu gol saat imbang 2-2 kontra Deportivo La Coruna di pekan ke-3. Dia memborong dua gol saat imbang 2-2 di markas Barcelona pada pekan ke-4.

Dia mencetak satu gol saat menang 2-1 menjamu Real Sociedad di pekan ke-5, satu gol ketika kalah 1-2 melawan tuan rumah Getafe di pekan ke-6, dan satu gol penalti kala menang 2-1 di kandang Real Madrid pada pekan ke-8.

Valencia 3, David Villa 25

Musim 2005/06, Valencia mampu finis di peringkat 3 La Liga, di bawah Barcelona dan Real Madrid. Itu tak lepas dari kontribusi Villa, yang mencetak 25 gol dalam 37 penampilan.

Villa hanya terpaut satu gol dari peraih Trofeo Pichichi musim itu, yakni Samuel Eto’o yang mencetak 26 gol untuk Barcelona.

Musim Debut yang Sangat Mengesankan

Torehan 25 gol Villa di La Liga itu terbilang istimewa. Pasalnya, itu tercatat sebagai gol liga terbanyak oleh seorang pemain untuk Valencia dalam musim debutnya, sejak Mario Alberto Kempes (24 gol) di musim 1976/77.

Ya, musim debut David Villa di Valencia memang sangat mengesankan.

Sumber Berita : { Bola.Net }